Catatan Si Blogger

Antara Pria, Sepatu dan Dunia Digital

17 Dec 2014 - 09:58 WIB

Pada 2010, dua orang mahasiswa, Yukka dan Putera berpikir untuk memulai sebuah bisnis namun belum menemukan ide tentang apa yang akan dijual. Hal ini bermula ketika Yukka membutuhkan sepasang dress shoes/sepatu formal untuk menemaninya pada sidang tugas akhir namun Yukka kesulitan untuk mencari sepatu dengan ukuran kakinya, yang mana ukuran 46. Ketika dia menemukan ukuran yang pas, sayangnya tak begitu dengan harganya. Kemudian ide untuk memulai sebuah bisnis muncul, yaitu untuk membuat sepatu yang tak hanya pas di gaya namun juga pas di kantong.

Itulah awal mula didirikannya Brodo, sebuah merk sepatu pria asal Bandung yang kini sudah mendunia. Kedua founder tersebut cukup jeli melihat potensi pasar yang masih longgar yaitu bidang sepatu pria yang dipromosikan dengan memanfaatkan dunia digital atau internet. Saya sendiri sebagai seorang pria dalam mencari sepatu simple-simple aja, tidak perlu mencari dari toko ke toko, dari mall ke mall. Cukup buka internet, cari dan lihat sepatu yang enak dilihat, lalu pesan via online. Atau jika melihat teman menggunakan sepatu yang cukup menarik, kemudian menanyakan beli dimana dan langsung memesannya. Sesimple itu.

Hal inilah yang dilakukan oleh Brodo untuk menggaet konsumen prianya. Seiring dengan perkembangan dunia digital, Brodo mempromosikan produknya via social media seperti facebook, twitter, instagram, tumblr, google+ dan youtube. Tentu dengan sebuah website yang menjadi portal utamanya yang bisa dilihat di www.bro.do Tuh nama websitenya aja unik. Agar lebih mudah dibaca dan dicerna mereka rela beli jauh-jauh domain dot do ke Republik Dominika. Tidak nasionalis? Bukannya tidak nasionalis, ini lebih untuk branding agar mudah diingat seperti alasan di atas. Kalau bicara nasionalis cobalah tengok di salah satu telapak sepatu produk Brodo ada peta Indonesia nya bro!

93db42e059fe40454ae475760828825e_brodo-web

Nah untuk aktifitas pria sendiri saat ini saat beraktifitas tidak akan jauh-jauh dari smartphone. Kapanpun dimana pun smartphone harus on dan batere tidak boleh drop. Selalu standby powerbank dengan kekuatan penuh. Seperti kebutuhan orang-orang dunia digital lainnya yaitu sandang, pangan dan casan :D

Dengan aktifitas yang selalu berhubungan dengan dunia digital, Brodo melihat peluang untuk mempromosikan produknya di dunia digital lebih terbuka. Dan social media yang sudah disebutkan di atas dijalankan dengan intense dan sangat serius. Dengan menggunakan mimin internal, mereka mempromosikan produk di setiap akun social media dengan format yang berbeda. Jadi tidak membuat suatu konten lalu di blast di semua social media.

Untuk website tentu menampilkan semua produk Brodo berikut informasi lengkapnya. Sedangkan untuk social media lainnya akan dijelaskan satu per satu.

Facebook Brodo Footwear

Dalam akun Facebook Brodo Footwear mereka mempromosikan produknya secara hard selling. Dengan menampilkan harga dan link ke halaman produk tersebut dan bisa langsung melakukan transaksi di link tersebut.

017b675d57bd6dcaea0c12e3409537e3_brodo-fb

Instagram @brodofootwear

Instagram adalah tempat menampilkan foto-foto ganteng. Jadi Brodo menampilkan foto-foto keren agar orang yang melihatnya menjadi tertarik. Sudah menjadi hal yang wajar instagram kini menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk berjualan online, tapi jika dikemas dengan gambar yang menarik dan tidak hard selling tentu akan banyak menginspirasi banyak orang. Jika orang melihat dan berfikir, wah kalo gue pake sepatu itu kayaknya keren juga ya. Niscaya jika sudah pada tahap seperti itu, cowok-cowok langsung hunting tuh barang.

10ec226e45bd8daa871e6adce23e8a42_brodo-ig

Twitter @Brodofootwear

Bagaimana dengan twitter? Sesuai dengan konsep twitter sendiri yaitu komunikasi dua arah antara akun dan followers jadi Brodo memanfaatkan twitter ini untuk percakapan sehari-hari dengan followers. Bisa memberikan pengumuman atau menanggapi komplen dari pelanggan. Atau bisa juga menanggapi pertanyaan soal tipe, ukuran, pengiriman yang ternyata jika menyangkut belanja online kaum pria tidak kalah cerewetnya dengan kaum wanita :D

fb3be58cd425b6b11cbc0523d92e812a_brodo-twitter

Google +Brodo Gentlemen Store

Brodo memanfaatkan Google+ untuk memberikan informasi seputar Brodo. Jadi tidak berjualan karena akun lain pun rasanya belum ada yang jualan baik hard selling maupun soft selling di Google+. Informasi yang diberikan berupa bagaimana merawat sebuah sepatu. Apakah tiap hari harus di lap? bagaimana memperlakukan sepatu kulit? Selain itu diberikan juga informasi mengapa suatu model dibuat? apakah karena satu kebutuhan atau banyak diminati.

868cefed16300c2f545f49249864e547_brodo-google-plus

Tumblr Brodofootwear

Nah bagaimana dengan tumblr? di tempat ini Brodo akan menampilkan foto-foto kiriman pelanggan yang sudah menggunakan produk Brodo. Jadi kamu bisa kirim foto tersebut via instagram dan mention Brodofootwear. Jika fotonya menarik akan ditampilkan di tumblr ini. Pasti keren lah soalnya kan yang di foto sepatunya doang *loh* :D

dac9d0cca35db58356a3e3b053b1ed75_brodo-tumblr

Youtube Brodo Footwear

Dan yang terakhir adalah channel Youtube yang menampilkan video-video promosi dan informasi menarik. Selain itu ada juga video lucu seperti Investigasi Brodo Palsu yang mirip-mirip acara di sebuah tv swasta. Selengkapnya bisa dilihat di bawah ini dan silahan ngakak :D

Jika dilihat dari campaign-campaign yang diluncurkan via social media, orang-orang dibalik akun social media Brodo alias mimin sudah sangat faham apa yang diinginkan oleh konsumen yaitu para pria yang hidupnya tidak lepas dari dunia digital.


TAGS   Semangat Ngeblog / Brodo /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive