Catatan Si Blogger

Langkah Kecil Untuk Selamatkan Lingkungan

6 Mar 2014 - 14:24 WIB

Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang yang peduli dengan lingkungan, baik individu maupun kelompok. Dan apa yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan lingkungan dari kerusakan? Disela-sela kesibukan dan rutinitas, kita bisa melakukan sebuah langkah kecil yang bisa kita lakukan sehari-hari. Sebuah tindakan yang sederhana, namun jika dilaksanakan setiap hari dan dilakukan oleh banyak orang tentu akan ada dampaknya.

Hampir selama 24 jam kita melakukan aktifitas-aktifitas yang tanpa kita sadari turut membantu merusak lingkungan. Nah sekarang mari kita runut kembali kegiatan apa saja saat kita bangun tidur sampai kembali tidur yang bisa ikut membantu mencegah terjadinya kerusakan lingkungan tersebut.

05:00 Mulai dari bangun tidur, jangan lupa mematikan lampu, jangan lupa gunakan lampu hemat energi, jangan menggunakan lampu pijar yang boros. Saat ini sudah ada lampu LED (Light Emitting Diode) yang hemat energi walau harganya cukup mahal tapi bisa bertahan beberapa tahun. Bahkan ada beberapa produsen yang memberi memberi garansi dan mengganti jika putus sebelum beberapa tahun. Jika Anda pelupa gunakan sensor yang kini banyak dijual bebas dan masukkan pada dudukan lampu sehingga jika kondisi ruangan sudah terang, lampu akan mati secara otomatis.

06:00 Saat mandi gunakan air secukupnya. Kalau bisa jangan gunakanshower karena termasuk boros. Namun jika sudah terbiasa, matikan terlebih dahulu jika menggunakan sabun atau shampoo. Segera perbaiki jika ada keran air yang rusak atau bocor. Ratusan liter air terbuang percuma sementara hanya 1 dari 5 penduduk bumi yang merasakan air bersih. Saat menggosok gigi jangan lupa matikan keran, gunakan gelas untuk menghemat air.

07.00 Saat akan beraktifitas ke kantor, kampus atau sekolah gunakan kendaraan umum. Jika lokasinya dekat, gunakan sepeda. Kinibike to work danbike to campus / school sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Transportasi termasuk penyumbang 14% emisi gas rumah kaca yang memperburuk kondisiGlobal Warming. Jika memiliki kendaraan pribadi uji emisi kendaraan secara berkala, jika knalpot sudah mengeluarkan asap pekat, segera bawa kendaraan ke bengkel terdekat. Manfaatkan sosial media, saat ini sudah ada akun twitter yang mengajak (memberi tebengan) bagi orang-orang yang satu arah dalam beraktifitas. Silahkan follow @Nebengers, jika perlu tebengan tweet dengan mention #CariTebengan atau jika memberi tebengan tweet #BeriTebengan. Aktifitas ini sudah berjalan di beberapa kota seperti Jakarta, Bekasi, Bogor dan Bandung. Oya jangan lupa membawa tumbler untuk mengisi air minum, karena jika membeli botol air mineral plastik akan menjadi sampah yang sulit terurai.

08.00 -11.59 Saat beraktifitas di kantor, kampus atau sekolah gunakan tangga jika hanya naik atau turun 1 atau 2 lantai. Selain membuat badan sehat juga akan sangat menghemat penggunaan listrik. Hindari mencetak kertas untuk hal-hal yang tidak penting, cukup menggunakan email. Jika terpaksa menggunakan kertas gunakan dua sisi muka kertas (bolak balik). Bayar segala tagihan secara online. Selain menghemat kertas, juga menghemat energi untuk berkendara.Matikan monitor komputer saat tidak digunakan.

12.00 Saat makan siang,tolakstyrofoam, karena bahan ini tidak dapat terurai hingga ribuan tahun. Kita bisa bisa melihat sampah-sampah yang berada di sungai didominasi olehstyrofoam yang mengapung.

13.00 Saat belanja tolak kantong plastik, kecuali yang terbuat dari bahan ramah lingkungan dan mudah terurai. Lebih baik bawa kantung sendiri saat belanja. Pilih produk dengan kemasan minimal, kemasan yang berlebihan hanya akan menambah mahal harga produk dan nyampah. Pilih produkrefill dan menggunakan bahan daur ulang.

14.00 18.59 Usahakan untuk memilah sampah, sediakan tempat untuk sampah kertas agar di daur ulang. Daur ulang 1 ton kertas bisa menghemat 17 pohon. Manfaatkan sampah dengan menyediakan kompos di lingkungan permukiman. Dari hasil sampah bisa dipilah menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organik bisa dijadikan kompos, sedangkan sampah anorganik bisa dipilah lagi menjadi produk daur ulang. Tanam pohon sebanyak mungkin untuk mengurangi polusi udara dan penyerapan air serta mendukung pelestarian hutan.Tampung air hujan untuk menyiram tanaman dan mencuci mobil, motor atau sepeda.

19.00 21.59 Coba matikan AC dan buka jendela lebar-lebar sehingga kita bisa merasakan hembusan angin yang menyegarkan.

22.00 04.59 Matikan lampu saat akan tidur. Jika menggunakan AC pasangtimer sampai kira-kira kita bisa tertidur dengan pulas.

Demikian seterusnya. Kita ulangi lagi untuk hari-hari berikutnya. Jika kita lakukan secara terus menerus dan bersama-sama pasti ada dampaknya dan akan mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

Kebetulan tanggal 16 Maret 2014 nanti Blogdetik dan World Wildlife Fund (WWF) Indonesia akan mengadakan blogger gathering dengan tema Blogger Bicara Lingkungan. Bagi teman-teman yang ingin hadir dan ikut acaranya silahkan daftar via blogdetik. Nanti akan hadir pula para nara sumber yang selama ini ikut peduli dengan lingkungan seperti Melanie Subono, Nugie, Davida dan Anda Wardhana yang akan berbagi cerita dengan 100 blogger.

Sampai nanti :)


TAGS   Blogger Bicara Lingkungan /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive