Catatan Si Blogger

Sudahkan Kita Menemukan Hakikat Kemerdekaan?

18 Aug 2013 - 07:00 WIB

Pada 17 Agustus 2013 ini, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-68. Namun pertanyaannya adalah; seberapa banyak dari kita yang benar-benar telah menemukan hakikat kemerdekaan atau kebebasan?

Indonesia adalah salah satu diantara negara-negara di Asia yang mendeklarasikan kemerdekaannya setelah Perang Dunia ke-2, namun Indonesia masih jauh ketinggalan dibanding negara-negara tetangganya dalam hal Gross Domestic Product (GDP) per kapita: pada tahun 2007, GDP Malaysia per kapita adalah US$14,000, sementara Singapore mencapai US$39,952.44. Dan Indonesia hanya berkisar di US$1,925 bahkan di bawah Vietnam yang GDP per kapita-nya mencapai US$3,100.

Pada Hari Kemerdekaan ini adalah waktu yang tepat bagi kita merefleksikan diri : apakah sudah waktunya bagi orang Indonesia untuk mendeklarasikan kemerdekaan atau kebebasan juga dari kekhawatiran finansial? Apakah sudah waktunya untuk menentukan masa depan kita serta mengambil langkah menuju perbaikan kondisi finansial personal kita?

Kebebasan Finansial melalui Freelancing

Ribuan orang sudah menemukan kebebasan dengan merubah cara bekerja dari sistem kerja tradisional menuju freelancing. Kebangkitan tren akan freelancing telah membuka kesempatan baru yang menjanjikan bagi jutaan orang yang membutuhkan penghasilan tambahan, atau cara lebih fleksibel untuk bekerja. Melalui freelancing, banyak orang mendapatkan lebih banyak uang dan menempatkan jenjang karir mereka sendiri sebagai profesional yang termotivasi. Dan saya sudah merasakannya. Dari bekerja tradisional kini berubah menjadi seorang freelancer. Banyak keuntungan yang didapat antara lain lebih efisien dalam hal waktu. Jika masih bekerja tradisional dari jam 9.00 sampai 17.00, kita harus berangkat pagi-pagi, agar tidak terkena macet atau terlambat. Minimal dua jam sebelum waktu kerja kita sudah berangkat dari rumah. Demikian pula sebaliknya. Total 4 jam kita habiskan waktu untuk perjalanan atau transportasi. Belum biayanya yang akan mengurangi gaji bulanan kita. Selain itu dengan menjadi seorang freelancer yang bekerja dari rumah kita lebih dekat dengan keluarga. Dengan pasangan atau anak bagi yang sudah menikah. Dengan teknologi yang ada, dengan memanfaatkan internet, kita sudah bisa bekerja seperti pekerja tradisional lainnya. Mendapatkan gaji dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Semua berawal ketika saya menemukan sebuah website yaitu Freelancer.com. Ada juga versi berbahasa Indonesia melalui Freelancer.co.id adalah marketplace pekerjaan online nomor satu di dunia. Saat ini sudah banyak orang Indonesia yang menemukan pekerjaan online dengan mudah di berbagai bidang dan profesi. Para profesional dapat memilih lebih dari 600 kategori pekerjaan. 4,000 pekerjaan di-post-kan setiap hari di situs ini, membayarkan rata-rata Rp 2,000,000 per proyek.

Apakah orang Indonesia mencari pekerjaan part-time untuk menambah penghasilan mereka atau mereka ingin memperluas jaringan data base klien untuk bisnis full-time mereka, platform unik dari Freelancer.co.id membuat orang bisa mencari atau memperlihatkan keahlian dan bakat mereka kepada dunia tanpa perlu meninggalkan rumah atau kantor mereka. Dan pekerjaan ini sangat cocok untuk seorang blogger yang sudah terbiasa dengan interaksi di dunia maya.

Dalam satu kesempatan saya sempat bertemu dengan Ibu Helma Kusuma, Indonesia Country Manager dari Freelancer.com, beliau mengatakan bahwa orang Indonesia sebaiknya termotivasi untuk berjuang lebih dalam mencapai kebebasan finansial. Melalui Freelancer.co.id yang menawarkan jutaan proyek dari seluruh dunia, baik freelancer maupun para pebisnis/ entrepreneur di Indonesia dapat menemukan pekerjaan serta pekerja dari seluruh dunia dengan hanya menekan tombol online serta menemukan kebebasan seperti kebanyakan para profesional di seluruh dunia.

Ya kini memang sudah era internet. Era dunia maya. Bekerja pun bisa dari jarak jauh. Dari rumah, cafe atau darimana saja selama masih ada jaringan internet yang baik.

Jadi, sudahkah kita menemukan hakikat kemerdekaan yang sesungguhnya?

939bb4da93bbff204b686dd1f2bea28c_freelancer-pekerja


TAGS  


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive