Catatan Si Blogger

Tips Meliput Berita Untuk Blogger

14 Aug 2012 - 12:37 WIB

Sebagai blogger saat ini kita sering diundang oleh sebuah perusahaan atau agency untuk menghadiri sebuah acara atau event. Keberadaan blogger saat ini sudah bisa disejajarkan dengan jurnalis dari media main stream. Rasanya acara atau event kurang afdol jika tidak mengundang blogger *cie-cie*

Sebagai bentuk balasan atas undangan tersebut tentu saja blogger harus membuat report akan acara tersebut, karena untuk itulah blogger diundang agar acara tersebut dipublikasikan di blog pribadinya. Memang agak cukup merepotkan dalam meliput suatu peristiwa bagi yang tidak terbiasa. Biasanya kita hanya mengadopsi dari press release yang dikeluarkan mengenai acara tersebut. Namun jika kita mengadop langsung tentu amat sangat tidak kreatif bukan?

Nah ada satu cara yang saya terapkan agar bisa meliput acara tersebut tanpa perlu repot-repot mencatat yaitu dengan menggunakan twitter. Istilahnya adalah “live tweet”. Dengan live tweet tentu kita akan menyimak dan memberitakan acara tersebut secara bersambung. Dari satu tweet ke tweet berikutnya yang terangkum dalam 140 karakter. Agar memudahkan gunakan hashtag tertentu untuk merangkumnya. Kadang yang punya acara juga mengadakan live tweet untuk memeriahkan acara tersebut di dunia maya. Bahkan diberikan hadiah untuk tweet yang paling inspiratif atau terbanyak. Dan saya pernah memenangkan blackberry, android phone, voucher belanja, buku, dll dari live tweet ini.

Nah jika sudah sampai rumah kita tinggal mengumpulkan bahan-bahan yang kita tulis via live tweet tadi dan mengcopy-nya dalam blog. Yah tinggal nambah-nambah sedikit plus sinkronisasi plus tambah foto. Jangan lupa prinsip 5 W 1 H untuk peliputan berita.

Dan besoknya siap posting di blog kita, boleh menggunakan schedule mau di posting  jam berapa. Jika sudah posting jangan lupa mention via twitter link tulisan kita kepada perusahaan yang mengadakan acara, saya jamin 100% mereka pasti happy dan akan mengundang kamu lagi jika ada acara berikutnya.

Jadi intinya adalah : live tweet - posting - linking. Selamat mencoba :)

Salam,

@HARRISmaul


TAGS  


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive